Senin, 09 Januari 2017

Sekretaris yang Berkualitas

Pengertian Sekretaris       Apa Itu Sekretaris ?? 
     Sekretaris yaitu seseorang yang membantu seorang pemimpin atau badan pimpinan ataupun suatu perusahaan, terutama untuk penyelenggaraan kegiatan administratif yang akan menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin atau kegiatan operasional perusahaan.

   

      Dalam prakteknya seorang sekretaris mempunyai citra di masyarakat yang ternyata merupakan gambaran kerja sekretaris pada masanya. yaitu sebagai berikut :
       1.     Sebagai staf profesional yang terpenting bagi pimpinan dan    
            perusahaan
      2.      Mempunyai jenjang karir yang jelas sampai tingkat manajer 
      3.      Harus pintar dan menguasai pengetahuan, keterampilan dan bahasa
      4.      Bekerja dengan banyak berkomunikasi 
      5.      Berpenampilan profesional 
      6.      Tanggung jawab sangat besar atas kelancaran tugas pimpinan.

Peran dan Tugas Sekretaris 

1.)Peranan sekretaris terhadap atasan :
a. Sebagai perantara saluran komunikasi dan pembinaan hubungan yang baik bagi orang yang ingin berhubungan dengan pimpinan.
b. Sebagai sumber informasi yang diperlukan pimpinan dalam memenuhi fungsi, tugas, dan tanggung jawab.
c. Sebagai pelanjut keinginan pimpinan kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas.
d. Alternatif pemikiran dari pimpinan dalam ide-ide.
e. Sebagai faktor penunjang dalam keberhasilan pekerjaan dan cerminan pimpinan dan bawahan.


2.)Peranan sekretaris terhadap bawahan (pimpinan) :


a. Penentuan kebijakan yang berlaku bagi pegawai bawahan secara adil, yaitu mengenai peraturan penempatan pegawai yang sesuai dengan kecakapan dan kemampuan (rule of the place).
b. Memberikan motivasi kerja kepada pegawai bawahan sehingga pekerjaan dapat berjalan lancar dan berhasil dengan baik.
c. Memberikan rasa bangga dan puas kepada pegawai bawahan dalam menjalankan pekerjaan.
d. Menerima pendapat dan usul bawahan dalam berbagai masalah.
e. Mengadakan pendekatan kepada pegawai bawahan untuk lebih mengerahkan dan mengetahui kelemahan dan kehendak pegawai bawahan.

Tugas Sekretaris :
1. Menerima dikte dari pimpinan.
2. Melaksanakan korespondensi (menerima dan mengirim surat-surat termasuk telepon, telegram, dan faksimile).
3. Menyimpan arsip-arsip yang dinilai penting.
4. Menerima tamu-tamu pimpinan.
5. Membuat jadwal pertemuan dan perjanjian-perjanjian pimpinan dengan teman relasi maupun kegiatan lainnya.
6. Menyiapkan bahan-bahan keterangan kepada pimpinan sesuai dengan kebutuhan pimpinan dalam rapat maupun kegiatan lainnya.
7. Bertindak sebagai perantara antara pimpinan dan bawahan.
8. Mengatur rapat-rapat dan seminar pimpinan dengan bawahan.
9. Menemani pimpinan dalam pertemuan penting.
10. Menyusun pidato-pidato untuk pimpinan.

Keterampilan dasar yang harus dimiliki Sekretaris 
- Surat-menyurat (korespondensi).
- Mengetik dan stenografi.
- Pembukuan (accounting).
- Penggunaan peralatan kantor.
- Pengarsipan (filling).
- Human relations.

Tips menjadi sekretaris profesional :












  • Memiliki Kepribadian Yang Baik
         Seorang sekretaris bukan hanya harus berpenampilan menarik, tapi juga harus memiliki kepribadian yang baik. Seorang sekretaris profesional harus ramah, baik, dan bertanggung jawab pada semua tugasnya. Bukan hanya baik kepada bos saja, tapi sekretaris juga harus menunjukkan kepribadian yang baik kepada relasi atau kawan sekantor.
  • Menampilkan Citra Perusahaan
          Seorang sekretaris hendaknya memahami citra perusahaan tempat dimana dia bekerja. Menjaga penampilan dan sikap, karena sekretaris identik dengan citra perusahaan.
  • Baik Dan Bertanggung Jawab
        Seorang sekretaris dituntut untuk ramah dan baik tidak hanya pada bosnya tetapi juga untuk mitra di kantor dan hubungan perusahaan. Dalam bekerja pun harus bertanggung jawab atas apa yang ia kerjakan, oleh karena itu harus memberikan yang terbaik yang kita bisa.
  • Pandai Menyimpan Rahasia
       Seorang sekretaris terkadang juga diberi kepercayaan oleh pemimpin untuk mengetahui dan menjaga rahasia perusahaan. Hal tersebut dikarenakan sekretaris selalu berhubungan dan mengetahui apapun yang dikerjakan oleh sang pemimpin. Untuk itu, seorang sekretaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan maupun rahasia pribadi pemimpin.
  • Mengerti Teknologi
       Bayangkan jika seorang sekretaris tidak mengerti teknologi. Malu-maluin kan. Jadi sekretaris tidak hanya dituntut untuk bersolek, pintar tapi juga mengerti teknologi.
karena teknologi sangat penting untuk menunjang pekerjaan sekretaris. jaman sekarang segalanya sudah memakai teknologi oleh karena itu seorang sekretaris harus mengerti tentang teknologi.
  • Memiliki Etika Yang Baik
         Seorang sekretaris diharapkan memiliki etika yang baik karena tanpa etika yang baik dia bisa membuat citra perusahaan menjadi buruk
  • Mampu Berbicara Di Depan Umum
         Ada kalanya Sekretaris diperlukan untuk berbicara secara terbuka mewakili perusahaan oleh karena itu kemampuan berbicara di depan umum sangat penting sehingga dapat menampilkan citra perusahaan dan mewakili bos bila diperlukan atau konferensi pers untuk menjelaskan masalah.

    Seorang sekretaris harus pandai menjaga rahasia dan jangan suka ngegosip.
Semua ilmu tidak ada yang tidak bermanfaat, oleh karena itu pelajarilah apapun yang berharga💟
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar